HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA
SKRIPSI
Diajukan sebagai Salah Satu Syarat
Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan
Oleh :
Nama : SUYADI
NPM : 09220351 ( ST.1)
Jurusan : Bimbingan Konseling
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
VETERAN SEMARANG
2010
PERSETUJUAN
Skripsi telah disetujui oleh Dosen Pembimbing I dan Dosen Pembimbing II, diketahui Ketua Jurusan Bimbingan Konseling, dan disahkan oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Veteran Semarang.
Hari : Kamis
Tanggal : 12 Agustus 2010
Disetujui :
Pembimbing I Drs. Sudarno Kristyono.Kons NIP.19530531981031005 | Pembimbing II Drs. Tri Leksono Ph, S.Kom, M.Pd.Kons NIY.60090965 |
Disahkan Dekan FIP Dra. Dwi Hardiyanti,M.Pd NIY.628101958 | Diketahui Ketua Jurusan BK Dra. Sri Redjeki,M.Pd NIY.610011964 |
PENGESAHAN
Telah dipertahankan di hadapan Dewan Penguji Ujian Skripsi pada Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Semarang pada :
Hari : Senin
Tanggal : 16 Agustus 2010
Dewan Penguji
Ketua Dra. Dwi Hardiyanti,M.Pd NIY.628101958 | Sekretaris Dra. Sri Redjeki,M.Pd NIY.610011964 |
Anggota
Nama Tanda Tangan
Penguji I Nama : Dra.DAK Handayani,M.Pd .......................
NIY : 615081961
Penguji II Nama : Drs. Sudarno Kristyono.Kons .......................
NIP : 19530531981031005
Penguji III Nama : Drs. Tri Leksono Ph, S.Kom, M.Pd.Kons .......................
NIY : 60090965
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
MOTTO :
Ya Tuhanku ! jadikanlah aku seorang yang mendirikan sembahyang, begitupun anak-anakku. Ya Tuhanku. Dan perkenankanlah doaku. ( QS.Ibrahim:40 )
PERSEMBAHAN :
Skripsi ini aku persembahkan kepada :
1. Bapakku dan Almarhumah Simbok, dengan doanya beliau selalu menyertaiku
2. Istriku Suharti , terima kasih atas segala dorongan dan kesabarannya
3. Anak-anakku Wulan dan Hanik., engkaulah motivatorku.
ABSTRAK
SUYADI, Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa, Batang, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Veteran Semarang, tahun 2010, 73 halaman.
Latar belakang permasalahan bahwa salah satu faktor psikologis keberhasilan dalam belajar adalah adanya motiv pada diri siswa . Motiv merupakan penggerak / pendorong untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Seorang itu akan berhasil dalam belajar, kalau pada dirinya ada keinginan untuk belajar. Inilah prisip dan hokum pertama dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran. Dari kenyataan tersebut maka untuk meningkatkan prestasi belajar siswa maka harus ditimbulkan atau dimunculkan adanya motivasi pada diri siswa baik motivasi yang berasal pada diri siswa sendiri ataupun yang berasal dari luar diri siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan motivasi belajar siswa, untuk mengetahui dan mendiskripsikan prestasi belajar siswa kelas, dan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP N 3 Limpung semester 2 Tahun Pelajaran 2010/2011.
Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional – kuantitatif, dengan populasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Limpung Tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 118 siswa. Sampel penelitian diambil sebanyak 30 siswa.Tekhnik sampling yang digunakan adalah tekhnik random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Uji coba intrumen untuk mengetahui validitas dan reliabilitas dilakukan pada 30 siswa diluar responden penelitian dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan tekhnik belah dua dengan hasil seluruh angket memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Data hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat motivasi belajar siswa sebesar 43,3% termasuk dalam kategori tinggi sedangkan prestasi belajar menunjukan kategori tinggi sebesar 50%. Hasil analisis data dengan rumus product moment diperoleh rxy hitung sebesar 0,667. Koefisien korelasi tersebut dikonsultasikan dengan tabel r pada taraf signifikasi 5% yaitu sebesar 0,361 Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Limpung Kabupaten Batang pada semester II Tahun pelajaran 2009 / 2010 diterima sebab dari perhitungan koefisien rxy hitung sebesar 0,667 lebih besar dari r tabel sebesar 0,361.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang positif dan siginifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Limpung. Koefisien korelasi antara kedua variabel menunjukan angka yang signifikan dan positif sebab data menunjukan harga rxy hitung untuk N=30 menunjukan angka 0,667 lebih besar dari harga r tabel pada taraf signifikasi 5% sebesar 0,361. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi akan mencapai prestasi belajar yang tinggi pula. Sedang siswa yang memiliki motivasi belajar rendah akan memiliki prestasi yang rendah
Saran dalam penelitian ini adalah 1) agar siswa selalu memelihara dan meningkatkan motivasi belajar. 2) Siswa perlu memelihara dan meningkatkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar misal minat, sarana, kondisi fisik dan psikis dan lain-lain. 3) Kepada orang tua atau wali murid disarankan untuk meningkatkan peran serta orang tua dalam pencapaian prestasi belajar siswa dengan cara memberikan dan memompa semangat belajar siswa, menyediakan sarana belajar dan lain-lain sehingga motivasi belajar siswa selalu terpelihara. 4) Bagi guru pembimbing diharapkan secara konsisten dan kontinu untuk selalu memberikan bimbingan kepada siswa sehingga motivasi belajar siswa selalu terpelihara dan meningkat. Dengan motivasi yang terpelihara dan selalu meningkat maka prestasi belajar menjadi meningkat pula. Adapun bagi peneliti selanjutnya perlu adanya penelitian yang lebih mendalam dan komprehensif tentang faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar sehingga hasilnya lebih baik dan mendalam.
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah Puji syukur kiranya hanya dengan rahmat Allah, Tuhan Yang Maha Esa maka penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan judul “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa”.
Skripsi ini disusun guna memenuhi syarat menyelesaikan pendidikan Strata 1 pada Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Bimbingn Konseling IKIP Vetaran Semarang.
Kami sampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada yang terhormat:
1. Bapak Drs. Sukoco,M.Pd, selaku rektor IKIP Veteran Semarang
2. Ibu Dra. Dwi Hardiyanti,M.Pd, selaku Dekan FIP IKIP Vetaran Semarang.
3. Ibu Dra. Sri Redjeki,M.Pd, selaku Ketua Jurusan Bimbingan Konseling IKIP Vetaran Semarang.
4. Bapak Drs. Sudarno Kristyono,Kons, selaku Dosen Pembimbing I
5. Bapak Drs. Tri Leksono Ph, S.Kom, M.Pd.Kons, selaku Dosen Pembimbing II
6. Bapak Sutarsono,S.Pd, selaku Kepala SMP Negeri 3 Limpung Kabupaten Batang .
7. Bapak dan Ibu Dosen Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP IKIP Veteran Semarang.
8. Semua pihak yang telah dengan ikhlas telah memberikan bantuan, bimbingan dan dorongan kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini.
Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran untuk perbaikan dan kemajuan sangat penulis harapkan.
Penulis berharap semoga skripsi ini bermanfaat bagi penulis dan dunia pendidikan pada umumnya.
Semarang, Agustus 2010
SUYADI
NPM : 09220351 ( ST.1)
How to get to a Las Vegas casino by bus from North to South
BalasHapusThe cheapest way to get to 동해 출장마사지 a Las Vegas casino 논산 출장안마 by bus from North 전주 출장샵 to South takes just 동해 출장안마 24 mins. Find the best hotel price on 창원 출장샵 the internet!